Cynthia Venika - Top Leader Oriflame dan Founder Smart Club Indonesia, No.Hp : 0811998028 , Pin BB : 261B6C40 , Email : Info@CynthiaVenikaLioe.Com

 

Tanda-Tanda dan Gejala Rabies

 

Tanda-Tanda dan Gejala Rabies – Setelah kita mengetahui beberapa informasi mengenai rabies, kita juga bisa mengenali tanda-tanda dan gejala yang diakitbatkan oleh penyakit rabies. Tanda-tanda dan gejala rabies dapat dilihat, baik itu dari hewan yang terinfeksi hingga cirri-ciri rabies pada manusia.

Tanda-Tanda dan Gejala Rabies – Tanda-tanda dan gejala pada hewan terinfeksi rabies mungkin akan tampak sakit, gila, atau kejam. Inilah salah satu cikal bakal mengapa penyakit rabies disebut sebagai penyakit anjing gila. Tapi pada kenyataannya, yang kita lihat hewan yang terinfeksi dengan rabies juga tidak memperlihatkan adanya tanda-tanda tersebut, bahkan hewan itu terlihat normal, ramah, jinak, atau kadang seperti kebingungan.

Tanda-Tanda dan Gejala Rabies – Kita harus tetap waspada ketika melihat binatang liar pada malam hari misalnya, kelelawar atau rubah yang tampak pemalu namun agak aneh, mungkin saja kan hewan-hewan tersebut memiliki gejala rabies. Tanda-tanda dan gejala rabies pada manusia memiliki masa inkubasi rata-rata atau waktu dari infeksi ke waktu perkembangan gejala rabies, yaitu sekitar antara 30-60 hari, tetapi bisa berkisar kurang dari 10 hari sampai beberapa tahun.

Tanda-Tanda dan Gejala Rabies – Kebanyakan orang mulanya merasakan gejala-gejala rabies, seperti nyeri, kesemutan, atau gatal akibat dari gigitan hewan pembawa virus rabies tersebut. Keluhan yang bersifat non-spesifik dan subjektif antara lain adalah demam, menggigil, kelelahan, nyeri otot, dan lekas marah. Keluhan-keluhan ini mungkin tampak seperti gejala yang disebabkan virus lainnya, kecuali sensasi gigitan dari hewan yang terinfeksi rabies.

Tanda-Tanda dan Gejala Rabies – Tahap selanjutnya tanda-tanda dan gejalanya semakin memburuk, seseorang akan menjadi sangat sakit, demam tinggi, kebingungan, agitasi, dan akhirnya kejang-kejang sampai koma. Biasanya, orang yang terinfeksi rabies terjadi kontraksi yang tidak teratur dan kejang-kejang pada otot pernapasan saat terkena air atau embusan udara. Pada keadaan ini, mereka akan merasakan sakit yang luar biasa.

Tanda-Tanda dan Gejala Rabies – Walaupun mengkonsumsi obat-obatan dan respirator, tetapi akhirnya tetap saja organ tubuh yang lain pun juga terkena dampaknya, hingga dapat berujung pada kematian bagi si penderita. Maka dari itu, jika seseorang terkena gigitan hewan, baik itu orang ataupun hewannya harus sama-sama diawasi.

Tanda-Tanda dan Gejala Rabies – Bisa juga dengan langsung melakukan immunofluoresensi atau tes anti bodi fluoresensi terhadap hewan tersebut. Tes tersebut dapat menunjukkan bahwa hewan tersebut menderita rabies atau tidak. Sedangkan tindakan yang tepat bagi orang yang digigit adalah dengan mendiagnosisnya lebih dini. Pemeriksaan yang tepat adalah dengan menggunakan mikroskop pada kulit dan leher si penderita, biasanya pemeriksaan tersebut dapat menunjukkan adanya virus rabies.

 

Salam Sukses Luar Biasa

 

Tanda-Tanda dan Gejala Rabies

Tanda-Tanda dan Gejala Rabies

 

 

Cynthia Venika - Top Leader Oriflame dan Founder Smart Club Indonesia, No.Hp : 0811998028 , Pin BB : 261B6C40, Email : Info@CynthiaVenikaLioe.Com

Leave a Reply